Petrus Fatlolon Lantik Lima Pejabat Kepala Desa

Petrus Fatlolon Lantik Lima Pejabat Kepala Desa


Petrus Fatlolon Lantik Lima Pejabat Kepala Desa

Posted: 29 May 2018 03:44 AM PDT

Petrus Fatlolon Lantik Lima Pejabat Kepala DesaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku Petrus Fatlolon, SH., MH melantik lima pejabat Kepala Desa (Kades) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MTB, pada Jumat (25/05).

Dalam sambutannya Bupati Fatlolon meminta kepada ke lima pejabat Kades agar melakukan penjaringan calon Kades hingga melaksanakan pemilihan Kades definitif dengan baik dan aman.

"Bupati Maluku Tenggara Barat mengharapkan para Penjabat  Kepala Desa yang baru dilantik, dapat melakukan penjaringan calon Kepala Desa, dan melaksanakan pemilihan Kepala Desa  Definitive dengan aman dan baik," kata rilis media Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkab MTB melalui akun profil Facebooknya.

Selain itu, ia juga berharap agar pejabat Kades dapat memilih Kepala Urusan (Kaur) Desa dan pegawai desa dengan baik agar dikemudian hari tidak bermasalah dengan pengelolahan dana desa.

"Diharapkan juga dapat memilih Kaur dan pegawai dengan baik agar pengelolaan dana desa tidak bermasalah," harap Bupati Fatlolon.

Berikut nama ke lima Penjabat kades yang baru dilantik, diantaranya Efraim Lambiombir sebagai pejabat Kades Latdalam Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Wilem Timpelabuhan, S.Sos sebagai pejabat Kades Bomaki Kecamatan Tansel, Jefri Ratila sebagai pejabat Kades Lelingluan, Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut), Junus F Bafa sebagai pejabat Kades Lingada Kecamatan Wuarlabobar dan Herman Lemosol, S.STP sebagai pejabat Kades Adodo Molu Kecamatan Molu Maru.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Lobby lantai 2 Kantor Bupati MTB dan dihdiri oleh para Satff Ahli, para Asisten,  para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta tokoh agama. (Laura Sobuber)

Pentingnya Jaga Kesehatan Diri Saat Menstruasi

Posted: 29 May 2018 03:05 AM PDT

Kepala Puskesmas Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, dr. Laura menghimbau Pentingnya Jaga Kesehatan Diri Saat MenstruasiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Puskesmas Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, dr. Laura menghimbau kepada para wanita usia produktif, yaitu usia 15 hingga 45 tahun , yang masih mengalami siklus menstruasi agar menjaga kesehatan dan kebersihan diri saat haid.

"Bagi para wanita usia produktif 15 sampai 45 tahun yang masih mengalami menstruasi, sangatlah penting menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Baik kebersihan diri secara keseluruhan maupun kebersihan organ intim wanita," himbau ia kepada Lelemuku.com melalui pesan singkat, pada Selasa (29/05).

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam Rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding Rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal. Sehingga dr. Laura mengajak agar para wanita dalam masa menstruasi tetap harus menjaga organ kewanitaannya tetap bersih dengan memakai pembalut wanita secara teratur dan menggantinya secara rutin.

"Wanita yang dalam masa menstruasi tetap harus bersih dengan memakai pembalut wanita dan teratur mengganti pembalut pada saat harus ganti pembalut, maksimal mandi 2 kali sehari," katanya.

Ia menuturkan saat sedang menstruasi para wanita disarankan untuk membersihkan area kepala, khususnya rambut dan wajah dengan seksama agar terhindar dari jerawat, flek hitam, ketombe dan kulit kepala berminyak karena pada masa haid produksi minyak pada wajah dan kulit kepala akan meningkat.

Khusus kepada para remaja harus memperhatikan pola makan agar seimbang, pola istirahat dan aktifitas fisik teratur, agar kesehatan bagian reproduksi saat haid tetap terjaga dan sehat pada masa pertumbuhan.

Serta bagi kaum wanita yang sudah menikah sebaiknya tidak melakukan hubungan intim atau seksual dengan pasangan pada saat haid, karena masa haid mulut rahim sedang terbuka dan adanya media darah menstruasi yang dapat menjadi media penular penyakit, yang berhubungan dengan Penyakit Menular Seksual (PMS).  

"Saat menstruasi produksi minyak pada kulit wajah dan kulit kepala meningkat sehingga harus membersihkan wajah, area kepala dan rambut dengan seksama agar terhindar dari jerawat, flek hitam, ketombe dan kulit kepala berminyak," tutur dr. Laura.

Ia juga mengucapkan selamat memperingati Hari Kebersihan Menstruasi, yang jatuh tepat di tanggal 28 Mei 2018 kepada seluruh kaum wanita di Kepulauan Tanimbar.

"Selamat Hari Kebersihan Menstruasi 28 Mei 2018," ucap Kepala Puskesmas Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) ini. (Eva Bembuain) 

SKK Migas Pamalu Gelar Lomba Kompetensi Karya Jurnalistik 2018

Posted: 28 May 2018 11:41 PM PDT

SKK Migas Pamalu Gelar Lomba Kompetensi Karya Jurnalistik 2018AMBON, LELEMUKU.COM - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Wilayah Papua dan Maluku (SKK Migas Pamalu) akan menggelar lomba kompetensi karya jurnalistik tahun 2018 mengangkat tema 'Dulu, Kini Dan Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik.'

Menurut Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu, Galih W. Agusetiawan lomba untuk wartawan media cetak dan media online di wilayah Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua ini dibuka dari tanggal Rabu (23/5).

"Lomba ini bertujuan mendorong tersediannya sumber informasi untuk publik tentang kiprah industri hulu migas bagi perkembangan wilayah Papua dan Maluku," ujar Galih di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Dikatakan 2 kategori yang dilombakan yaitu straight news dan feature harus sesuai dengan lokasi media tersebut berada. Dengan jumlah tulisan untuk masing-masing kategori maksimal 3 artikel yang pernah dipublikasikan dalam rentang Mei hingga Agustus 2018.

"Tulisan harus relevan dengan tema lomba dan merupakan karya penulis serta belum pernah dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis," papar dia.

Galih menyatakan besaran hadiah untuk memenang akan disampaikan saat pembukaan lomba resmi diumumkan pada Juni 2018. Sementara pengiriman naskah dan pengumuman hasil lomba pada September 2018. 

Ia mengungkapkan tulisan-tulisan dari para pemenang lomba akan dimasukkan dalam materi buku 'Memoir Kiprah Industri Hulu Migas di Wilayah Papua dan Maluku' yang akan dipublikasikan pada Maret 2019 nanti.

"Hasil karya tulis jurnalistik yang menjadi finalis dalam lomba ini rencananya akan dipublikasikan dalam sebuah buku memoir tentang kiprah industri hulu migas di kawasan Papua dan Maluku. Jurnalis pemenang bisa ikut berpartisipasi dalam tim pembuatan buku Memoir tersebut," jelas dia. (Albert Batlayeri)

Terkait Blok West Yamdena, Saka Energi Buka Kerjasama dengan Inpex

Posted: 28 May 2018 06:34 PM PDT

Terkait Blok West Yamdena, Saka Energi Buka Kerjasama dengan Inpex
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Direktur Utama PT Saka Energi Indonesia, Tumbur Parlindungan ungkap potensi kerja sama dengan Inpex Corporation dalam pengembangan Blok West Yamdena di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku. Opsinya, pengembangan Blok West Yamdena akan menggunakan fasilitas produksi Masela karena lokasinya berdekatan.

"Kalau nanti Masela sudah jadi, mungkin kami memakai atau bergabung dengan fasilitas mereka," kata dia di Jakarta.

Adapun wilayah Kerja West Yamdena berlokasi di wilayah Barat daratan Pulau Yamdena dan lepas pantai Laut Banda. Blok tersebut dimenangkan oleh Saka pada lelang blok migas 2017 lalu dan kontraknya baru diteken pada Selasa (15/5).

Di Blok West Yamdena, Saka akan melakukan komitmen pasti di tiga tahun pertama. Komitmen itu terdiri dari tiga kegiatan Geological & Gephysical (G&G) dan seismik dua dimensi (2D) sepanjang 1.000 km. Total nilai komitmen pastinya mencapai US$ 2,1 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$ 500 ribu.

Tumbur memperkirakan cadangan gas Blok West Yamdena bisa mencapai 45 triliun kaki kubik (TCF). Namun, untuk membuktikannya, Saka melalui anak usahanya PT Saka Energi Yamdena Barat akan melakukan studi dan dilanjutkan seismik. 

"Terus studi ulang. Jadi lebih detail lagi studinya," kata dia.

Selain di Tanimbar, Saka juga tanda tangani kontrak Pekawai di lepas pantai Kalimantan Timur. Dua kontrak dengan nilai sebesar USD13,5 juta atau Rp188,8 miliar tersebut menggunakan skema kontrak bagi hasil atau Production Sharing Contract (PSC) gross split.

Tumbur mengatakan pengembangan Blok Pekawai jauh lebih mudah dibandingkan West Yamdena karena terjangkau dengan infastruktur gas seperti Kilang Bontang. Alhasil, investasi di Blok Pekawai tidak terlalu besar. 

"Tinggal tie in. Jadi tidak perlu besar. Kalau yang West Yamdena kan enggak ada apa-apa, jalan juga belum ada," ujar Tumbur.

Cadangan di Blok Pekawai diperkirakan mencapai 1-2 TCF. Blok ini dioperatori oleh anak usaha Saka, PT Saka Energi Sepinggan.

Saka akan mengebor secara eksplorasi di Blok Pekawai sekitar medio 2020 atau 2021, sesuai dengan komitmen pasti Saka di blok itu. Adapun komitmen pasti Saka mencakup tiga kegiatan G&G dan pengeboran satu sumur eksplorasi dengan total nilai mencapai US$ 10,450 juta. Bonus tanda tangan yang diberikan Saka dari blok ini mencapai US$ 500 ribu.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Djoko Siswanto yang menyaksikan penandatanganan kontrak antara Saka Energi dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) berharap melalui penandatanganan dua wilayah kerja ini Saka Energi bisa menemukan cadangan migas baru.

"Komitmen untuk investasi khusus adalah dengan skema gross split ini dan kita berharap (Saka Energi) dapat menemukan cadangan yang lebih besar. Sebab kontraktor juga telah menyelesaikan kewajiban finansial yaitu pembayaran bonus tanda tangan dan jaminan pelaksanaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas Djoko.

Sementara itu, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menilai, Saka Energi memiliki kemampuan untuk melaksanakan komitmen pasti terutama dari sisi finansial. 

"Mari bekerja sama agar prosesnya bisa kita kerjakan lebih cepat dan lebih efisien sehingga wilayah kerja ini bisa discovery dan syukur-syukur ada giant discovery," imbuh Amien. (HumasKemenESDM)

Korem Binaiya Peduli Masyarakat Terkena Musibah Banjir di Kaitetu

Posted: 28 May 2018 05:00 PM PDT

Korem Binaiya Peduli Masyarakat Terkena Musibah Banjir di KaitetuKAITETU, LELEMUKU.COM - Komando Resor Militer (Korem) 151/Binaiya menyerahan Bantuan Sembako kepada masyarakat Desa Kaitetu sejumlah 23 KK yang mengalami musibah bencana banjir dan Tanah longsor akibat jebolnya tanggul Sungai Wailoy di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada Jumat (25/5).

Dalam Sambutanya Kepala Seksi Inteljen (Kasi intel) Korem 151/Binaiya, Letkol Inf Untung Prayitno yang mewakili Danrem 151/Bny, Mengucapan salam hormat dan permohonan maaf atas ketidakhadiran Danrem 151/Bny dikarenakan ada tugas di luar Pulau Ambon. 

"Bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Pulau Ambon merupakan musibah yang selalu terjadi setiap tahun, sehingga Danrem selalu menekankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap masyarakat dan para prajurit pada saat curah hujan mulai tinggi," ujar dia. 

Masyarakat juga dihimbau agar ikut peduli terhadap lingkungan dengan sama-sama menjaga kebersihan saluran air dari materil yang menyumbat, serta melaksanakan penghijauan kembali dengan menanam tumbuhan dan pepohonan di sekitar sungai dan hutan.

"Musibah bisa terjadi kepada siapapun atas kehendak Tuhan, oleh karenanya kita berkewajiban saling membantu dan tolong menolong jika ada saudara kita sesama manusia yang mengalami musibah," ungkap Letkol Inf Untung Prayitno.

Dalam kegiatan ini Korem 151/Bny menyerahkan bantuan sembako kepada 23 KK yang rumahnya mengalami bencana terendam banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Wailoy Desa Semoga dengan bantuan tersebut dapat meringankan kebutuhan keluarga korban.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kasi Log Korem 151/Bny, Mayor Inf Suryanto, Danki Pos Satgas Yonif R 515/UTY, Batuud Koramil 1504-05/Leihitu, Pelda Semi Anu, Babinsa Desa Kaitetu, Serda M. Adhi, Ketua Saniri Desa Kaitetu, Bpk H. Hasyim Lumaela, Staf Desa Kaitetu, Bpk Arsyad Lumaela dan Para perwakilan keluarga yang rumahnya terendam banjir. (Penrem151)
Petrus Fatlolon Lantik Lima Pejabat Kepala Desa Petrus Fatlolon Lantik Lima Pejabat Kepala Desa Reviewed by Berita Terbaru on 08:16 Rating: 5

Info Terbaru

Loading...
Powered by Blogger.